Contoh Makalah Diskusi Bahaya Rokok


Kata Pengantar
Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat, nikmat, serta hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah kami.
Dengan demikian kami dapat menyelesaikan makalah kami ini untuk mengetahui bahaya rokok bagi perokok pasif maupun perokok aktif.
Dalam pembuatan makalah ini kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kami, khususnya kepada Guru BHS. Indonesia kami.
Seperti kata pepatah, “Tak ada gading yang tak retak”, hasil kami tidaklah sesempurna apa yang di inginkan pembimbing. Namun, kami sudah berusaha semaksimal mungkin. Untuk itu kritik dan saran sangat kami butuhkan untuk memperbaiki makalah ini.
Oleh karena itu, kami berharap semoga makalah ini dapat menjadi bacaan yang bermanfaat bagi semua.


Daftar Isi

Penyusun .......................................................................................................................   1
Kata Pengantar ..............................................................................................................  2
Daftar Isi ........................................................................................................................  3
Bab 1 Pendahuluan
      1.1 Latar Belakang ...................................................................................................  4
      1.2 Identifikasi Massalah .........................................................................................  4
      1.3 Rumusan Masalah .............................................................................................  4
      1.4 Tujuan ...............................................................................................................   4
Bab 2 Isi
      2.1 Landasan Teori ..................................................................................................  5
      2.2 Pembahasan ......................................................................................................  5
      2.3 Kesimpulan ........................................................................................................  6
Bab 3 Penutup
      3.1 Kesimpulan ........................................................................................................  7
      3.2 Kritik & Saran .....................................................................................................  7
Daftar Pustaka ...............................................................................................................  8


Bab 1
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang
Dalam pergaulan sehari-hari, kita tidak dapat dipisahkan dari rokok. Hampir setiap orang di dunia mengenalnya. Beberapa orang menganggap, mengkonsumsi rokok merupakan hal yang tidak dapat di pisahkan dari kehidupan sehari-hari.
Di dalam kenikmatan sebatang rokok , tersimpan juga bahaya yang begitu besar. Banyak zat kimia yang sangat berbahaya yang terkandung dalam sebatang rokok. Lebih dari 1000 jenis bahan kimia yang berbahaya terkandung di dalamnya. Meskipun masyarakat mengetahuinya, tak sedikit dari mereka yang mengabaikan bahaya tersebut.
Dampak dari rokok itu sendiri tidak hanya orang yang menghisap secara langsung rokok tersebut. Namun juga orang di sekitarnya yang juga menghirup udara di sekitar perokok tersebut, atau disebut perokok pasif. Akibatnya, kerugian yang di akibatkan asap rokok tersebut hampir tidak di ketahui oleh perokok pasif tersebut. Akibatnya, banyak orang tidak bersalah yang merasakan dampak negatif dari rokok tersebut.
1.2 Identifikasi Masalah
1.       Apakah itu rokok?
2.       Apa dampak negatif rokok bagi perokok aktif?
3.       Apa dampak negatif rokok bagi perokok pasif?
4.       Zat apa yang tergantung dalam rokok?
5.       Mengapa orang sulit untuk melepaskan diri dari candu rokok?
1.3 Rumusan Masalah
                Dari uraian identifikasi masalah di atas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
“Apa bahaya rokok bagi perokok pasif dan aktif?”
1.4 Tujuan
1.       Untuk mengetahui bahaya-bahaya rokok bagi perokok pasif maupun perokok aktif.
2.       Untuk mencegah ataupun mengurangi penyebaran rokok di kalangan pelajar.
3.       Untuk mengetahui penyakit yang di timbulkan oleh rokok.


Bab 2
Pembahasan

2.1 Landasan Teori
Ø  Dari Wikipedia Bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.
Ø  Dari health.kompas.com
Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa rokok bisa membahayakan tubuh manusia. Namun di mata para penikmatnya, rokok adalah teman yang sulit dilupakan.Nikotin dalam rokok menyebabkan efek kecanduan serta perasaan menyenangkan bagi penghisapnya. Saat rokok dihisap, nikotin bekerja seolah-olah memberikan rasa rileks, nyaman, dan terus memiliki keinginan kembali merokok
Ø  Dari Computer Media Learning
Perokok pasif adalah orang-orang yang tidak merokok, namun menjadi korban perokok aktif karena turut mengisap asap sampingan (di samping asap utama yang dihembuskan balik oleh perokok)
2.2 Pembahasan
Untuk dapat mengetahui bahaya rokok bagi perokok pasif maupun aktif, kita dituntut untuk memahami bahaya bahaya rokok bagi perokok pasif dan perokok aktif. Sehingga, bahaya tersebut dapat di hindari dan dapat meminimalisir kemungkinan terjerumusnya kita kedalam candu rokok. Banyak orang-orang tidak bersalah yang menjadi korban perokok aktif hanya karena perokok-perokok aktif tersebut mencemarkan udara yang juga mereka hisap.
Walaupun pemerintah mengeluarkan kebijakan dalam membatasi seseorang untuk merokok, membatasi peredaran rokok, menaikan harga cukai, hingga menutup pabrik rokok. namun kebijakan pemerintah tersebut mendapat pertentangan yang sangat keras dari para buruh, konsumen, dan Industri pabrik rokok. pertentangan yang berat tentu saja dari pabrik rokok, keuntungan yang bisa diperoleh langsung terhenti, alat-alat pembuat rokok pun menjadi tidak berguna. Oleh karena itu pemeritnah harus mempunyai solusi untuk mengatasinya. Pertimbangan lain yang membuat pemerintah bimbang adalah, Petani tembakau indonesia hanya mampu memasok sekitar 20% dari tembakau yang dibutuhkan oleh industri yang ada di Indonesia. Artinya 80% lainnya harus impor dan berarti negara menerima tambahan devisa yg cukup besar dari rokok tersebut.

zat utama yang terkandung dalam rokok adalah Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida. Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen(zat pemicu kanker), dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan. Karbon monoksida adalah zat yang mengikat sel darah merah dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.
Menurut situs health.detik.com, Menjadi perokok pasif memiliki risiko kesehatan yang hampir sama bahanya dengan perokok aktif. Menurut WHO, kematian yang menimpa perokok pasif di dunia mencapai 600.000 jiwa setiap tahunnya.
2.3 Kesimpulan
Dalam uraian pada pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mengetahui bahaya rokok bagi perokok pasif atau perokok aktif, kita harus :
1.       Mengetahui bahaya rokok bagi perokok pasif dan perokok aktif.
2.       Pengetahuan bahaya rokok bagi perokok pasif dan perokok aktif dapat kita terapkan untuk penerapan hidup sehat.
3.       Jika kita menguasai pengetahuan tentang bahaya rokok bagi perokok pasif dan perokok aktif, kita dapat menghidari bahaya rokok tersebut.
4.       Perokok pasif jauh lebih menerima akibat yang lebih parah di banding perokok aktif.
5.       Perokok aktif dapat mengidap penyakit kanker apabila telah tergantung berat dengan rokok.


Bab 3
Penutup

3.1 Kesimpulan
                Untuk dapat mengetahui bahaya rokok bagi perokok pasif dan perokok aktif, kita perlu :
A.      Kita harus memiliki pengetahuan mendalam tentang bahaya rokok bagi perokok aktif dan perokok pasif itu sendiri.
B.      Kita harus mengetahui cara menolak ajakan atau tawaran merokok secara tidak menyinggung dan menyakiti perasaan orang lain.
C.      Kita sebisa mungkin harus bisa menjauh dari orang yang sedang menghisap rokok selagi memungkinkan.
D.      Kita di tuntut untuk bisa menarik contoh bahaya rokok dari pengalaman orang-orang di sekitar kita.
E.       Kita di tuntut untuk bisa menjaga diri dari pengaruh rokok.
F.       Kita harus bisa menjauhi diri dari pengaruh-pengaruh rokok demi kebaikan masadepan kita.
3.2 Kritik & Saran
1.       Sebaiknya, orang yang sudah kecanduan rokok tidak merokok di sekitar anak-anak, manula, dan Ibu hamil agar tidak meracuni udara di sekitar mereka dan mereka tidak menjadi perokok pasif.
2.       Sebaiknya orang yang sudah kecanduan rokok berusaha untuk melepaskan diri dari rokok tersebut.
3.       Sebaiknya, orang tua harus bisa lebih memperhatikan anak-anaknya untuk menjauhi diri dari pengaruh rokok pasif dan pengaruh rokok aktif.


Daftar Pustaka

1 Comments

  1. makasih mas, sudah membantu tugas pembuatan makalah saya... thanks..

    ReplyDelete

Peraturan komentar diblog yang dikelola oleh saya :

1. Dilarang spam (jangan suka nyampah)
2. Dilarang promosi (jika mau promosi segala macam bayar)
3. Dilarang menghina atau sejenisnya (kalo mau ngehina liat diri anda!!!)

Tidak suka dengan peraturan, silahkan close tabnya!!!


Brand creation, trend analysis & style consulting

Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since. Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since.